Search

Menakar Asa Ibu Kota Baru

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, dalam jangka pendek pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan memberikan dampak ekonomi melalui jalur investasi. Sebab, investasi infrastruktur pembangunan ibu kota akan berikan sumbangsih terhadap pertumbuhan di wilayah tersebut.


Menteri Bambang mengatakan dalam jangka pendek, investasi yang paling dirasakan adalah di sektor rill. Peningkatan investasi riil di Kalimantan Timur diperkirakan bakal sebesar 47,7 persen, sedangkan di Pulau Kalimantan sebanyak 34,5 persen.


Di samping itu, dalam jangka pendek proses pembangunan ibu kota baru juga akan meningkatkan perdagangan antar wilayah. Ini dikarenakan proses pembangunan ibu kota tersebut membutuhkan suplai material dan barang ke Provinsi Kalimantan Timur yang mengakibatkan peningkatan perdagangan.


Proyek infrastruktur membutuhkan banyak armada selain Crane juga dibutuhkan truk untuk pengangkatan material, PT. Indo Perkasa Pratama salah satu perusahaan penyewaan di Balikpapan dalam bidang sewa Crane/ Crane rental ikut bangga untuk ikut serta menjadi salah satu faktor yang akan mendukung pemindahan ibu kota ke daerah Kalimantan timur, khususnya Balikpapan diharapkan pembangunan IKN akan memajukan ekonomi seluruh rakyat Indonesia dan daerah Kalimantan Timur khususnya.